Jumat, 12 September 2014

Apa yang saya ketahui tentang PBAC?



·         Apa yang saya ketahui tentang PBAC?

.
PBAC merupakan salah satu matakuliah yang ada di jurusan Teknologi Pendidikan. PBAC singkatan dari Pengembangan Bahan Ajar Cetak. Mata kuliah ini membahas tentang bahan belajar yang berbentuk cetak, seperti Buku, Modul, Naskah, Handout dll. Mata kuliah ini juga meliputi tentang Kurikulum, mengevaluasi dan menilai suatu media apakah media tersebut baik atau tidak.

·         Harapan saya setelah mengikuti matakuliah PBAC.

Yang pasti harapan saya setelah mengikuti matakuliah ini, saya dapat membuat serta mengembangkan bahan belajar cetak yang relevan dengan materi yang terkait dan sesuai dengan karakteristik serta jenjang sekolah peserta didik agar tepat sasaran. Lalu, dapat menilai suatu media pembelajaran apakah sudah layak atau belum layak



Istilah-istilah yang terkait dengan matakuliah PBAC :

-          Kurikulum
-          Penelitian
-          Analisis Kebutuhan Peserta didik                               
-          Peserta didik
-          Bahan ajar                                         
-          Buku
-          Handout
-          Poster
-          Modul
-          Komik
-          E-book
-          Skripsi                                                                         
-          Materi
-          Rangkuman
-          Kisi-kisi
-          Menilai
-          Pembelajaran
-          Belajar
-          Naskah
-          Cara penulisan
-          Keterbacaan
-          Ejaan
-          Judul
-          Cetakan
-          Desain
-          Industribuku
-          Pengembangan
-          Evaluasi


Langkah awal dalam melakukan pengembangan pada bahan belajar cetak adalah dengan mengetahui kurikulum yang telah ditetapkan pada suatu sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan. Fungsi kurikulum itu sebagai acuan/pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Agar bahan belajar yang akan kita kembangkan tidak salah sasaran maka dilakukan penelitian kepada sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Setelah penelitian dilakukan, lalu menganalisis kebutuhan peserta didik. Langkah ini perlu dilakukan agar kita mengetahui masalah-masalah pada peserta didik dan mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh peserta didik tersebut. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, barulah kita mulai menyusun bahan ajar cetak. Bahan ajar cetak bias berbentuk Buku, Handout (biasanya berbentuk slide presentasi berbentuk hard copy), Poster-poster pendidikan, Modul (komponen-komponen proses pembelajaran yang meliputi perencanaan tujuan yang akan dicapai, penyediaan materi pelajaran, alat yang dibutuhkan serta alat untuk menilai dan mengevaluasi untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam belajar), Komik, E-book (buku elektronik) serta Skripsi pun bias dijadikan bahan belajar (dalam artian bukan untuk di copy-paste) dan masih banyak lagi bahan belajar berbentuk cetak yang sepertinya belum disebutkan diatas. Bahan ajar cetak yang biasa kita temui itu biasanya berbentuk buku. Bisa buku pelajaran yang biasanya dipakai oleh peserta didik dan ada juga buku pelajaran sebagai pegangan untuk guru. Didalam buku tersebut terdapat pokok-pokok bahasan ataupun materi-materi yang terkait dengan matapelajaran tersebut. Serta diakhir materi pelajaran yang telah selesai dibahas, biasanya terdapat rangkuman. Rangkuman merupakan isi materi pokok bahasan yang dijabarkan serta dijelaskan secara garis besar danmencakup satu pokok bahasan tersebut (dengan kata lain Mereview kembali). Setelah rangkuman, biasanya didalam buku tersebut ada terdapat kisi-kisi latihan soal. Peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan soal-soal latihan tersebut dan pada akhirnya akan diberikan penilaian atas hasil belajar  yang telah dicapai oleh peserta didik. Peserta didik dapat dikatakan belajar karena adanya proses perubahan tingkah laku yang relative permanen yang ada di diri peserta didik. Lalu terjadinya proses pembelajaran pada peserta didik yaitu proses yang dilakukan secara sengaja yang didalamnya terdapat pemelajar dan pembelajar yang menghasilkan interaksi. Sebelum menyusun dan membuat buku, ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu membuat Naskah terlebih dahulu. Naskah merupakan karangan-karangan yang masih ditulis dengan tangan dan siap untuk diatur dan disusun secara sistematis. Lalu cara penulisan didalam sebuah bahan ajar sebaiknya mengikuti kaidah-kaidah yang sesuai agar tidak menimbulkan kesalahpahaman arti didalamnya. Keterbacaan dan ejaan juga merupakan hal penting  yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah bahan ajar cetak (buku). Pemilihan judul serta desain juga tidak kalah penting dalam membuat bahan ajar cetak. Setelah semua dilakukan, barulah kita masuk ke industry buku tersebut. Kita harus mampu melihat peluang pasar agar mendapat keuntungan dari hasil buku tersebut. Langkah selanjutnya yaitu Pengembangan. Pengembangan dilakukan setelah kita tahu semua apa factor masalah yang terkait dalam penyusunan sebuah bahan ajar cetak tersebut. Pengembangan dilakukan agar sesuatu yang sudah ada diperbaiki lagi dari segi kualitas dll. Dan langkah yang terakhir yaitu Mengevaluasi keseluruhan dari bahan ajar cetak tersebut. Apakah bahan ajar cetak tersebut sudah baik atau belum memenuhi kriteria untuk bahan belajar yang akan digunakan oleh peserta didik.

Nama : Indira Mahardhika Putri
No Reg : 1215120024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar